Langkah-langkah dalam memulai “Bisnis atau Wirausaha”

cropped-jack-mil-banner2.jpg

Source: Jack St.Kristanto

Bagaimana langkah dalam memulai bisnis Anda ?

Berikut ini 10 langkah yang dapat memandu anda dalam menyusun bisnis dan membuatnya sukses.

1. Kerjakan apa yang anda sukai

Anda akan mencurahkan sebagian besar waktu dan energi untuk memulai sebuah bisnis dan membangunnya menjadi usaha yang berhasil, so sangatlah penting bahwa anda menikmati secara mendalam apa yang anda kerjakan, apakah menjalankan usaha sablon, membuka usaha kuliner, atau menjadi konsultan mode.

2. Mulailah bisnis anda ketika anda masih bekerja

Berapa lama paling banyak orang bisa hidup tanpa uang? Kemungkinan besar tidak akan lama. Dan ini akan menjadi waktu yang lama sebelum bisnis baru anda benar-benar memberi keuntungan yang signifikan. Dengan masih bekerjanya anda (apakah menjadi karyawan swasta maupun karyawan negeri) ketika memulai bisnis, berarti anda memiliki uang saku ketika anda memasuki proses memulai bisnis.

 3. Jangan kerjakan usaha anda sendirian

Anda membutuhkan dukungan ketika memulai bisnis (dan setelahnya juga). Seorang anggota keluarga atau teman, bisa juga kekasih, yang dapat memberikan ide, masukan, maupun kritik yang membangun, bagi usaha yang akan anda rintis, sungguh tak ternilai harganya.

4. Pertama dapatkan Klien atau Pelanggan

Jangan menanti sampai anda telah secara resmi membuka usaha anda, karena bisnis anda tidak akan dapat bertahan tanpa mereka. Kembangkan jaringan atau network klien prospektif anda. kontak mereka dan minta mereka untuk menjadi konsumen ataupun klien anda. Jual atau berikan produk atau jasa anda. Jika harus, berikan sample atau contoh produk yang anda jual, karena anda tidak dapat mengharapkan penjualan dalam waktu singkat.

5. Tulis Perencanaan bisnis

Satu alasan penting mengapa anda sebaiknya membuat rencana bisnis adalah langkah ini dapat membantu anda menghindari habisnya waktu, uang dan pikiran anda untuk memulai bisnis yang tidak akan sukses.

6. Lakukan Riset

Anda akan mengerjakan banyak penelitian sepanjang rencana bisnis, tetapi itu barulah awalnya. Untuk menjadi ahli dalam industri anda, lakukanlah riset, dan jangan lupa evaluasi produk anda. Bergabung pada asosiasi industri atau profesional yang berhubungan dengan bisnis anda sebelum memulai bisnis merupakan ide yang bagus.

7. Dapatkan Bantuan profesional

Di satu sisi, hanya karena anda menjalankan bisnis kecil, bukan berarti anda harus menjadi ahli di bidang apa pun. Jika anda bukan seorang akuntan, pekerjakanlah satu atau dua orang misalnya. Jika anda ingin menulis kontrak, dan anda bukanlah seorang ahli hukum, sewalah seorang lawyer, untuk menghindari resiko permasalahan dengan kontrak. anda akan membuang lebih waktu dan mungkin juga lebih banyak uang untuk mencoba melakukan sendiri pekerjaan dimana anda tidak memiliki kualifikasi untuk mengerjakannya.

8. Dapatkan uang

Simpanlah uang anda jika harus, dekatilah investor potensial dan pihak pemberi pinjaman. Gambarkan perencanaan keuangan usaha anda jauh kebelakang. Jangan mengharapkan memulai bisnis dan kemudian berjalan ke dalam bank untuk mendapatkan pinjaman uang. Pemberi pinjaman tradisional tidak seperti ide baru dan tidak seperti bisnis tanpa pembuktian track records. 

9. Jadilah Profesional semenjak memulai

Segala sesuatu tentang anda dan cara anda menjalankan bisnis membuat khalayak tahu bahwa anda seorang profesional yang menjalankan sebuah bisnis yang serius. ini berarti memerlukan segala perlengkapan pendukung bisnis seperti : kartu bisnis profesional, telpon bisnis, dan juga alamat email bisnis, dan memerlukan orang (yang bisa jadi calon klien terbesar anda) secara profesional dan proporsional.

10. Taatilah hukum dan keluarkan pajak dengan benar pada kali pertama

Hal tersebut akan menjadi  lebih mudah dan lebih murah ketimbang mengerjakannya setelah itu. Apakah bisnis anda butuh teregistrasi? akankah anda harus memiliki asuransi untuk karyawan atau deal dengan pajak pendapatan? Akan bagaimana bentuk bisnis yang anda pilih dapat mempengaruhi situsi pajak pendapatan anda? Pelajari kewajiban pajak dan hukum sebelum anda memulai bisnis dan menjalankannya.

Keuntungan memiliki bisnis/usaha sendiri

Dengan memiliki bisnis/usaha sendiri, anda akan dapat menentukan target dari usaha anda sendiri, sesuai dengan produk ataupun layanan yang anda tawarkan. Anda juga bebas menentukan sistem dalam menjalankan usaha anda, seperti misalnya sistem kerja yang fleksibel, juga dalam hal inovasi dalam meningkatkan usaha anda, dimana kelak anda akan mempunyai beragampengalaman dalam berbisnis yang akan meningkatkan penilaian terhadap usaha yang anda jalankan.

Related Block

http://www.coachmargetty.com

Silakan Hubungi 021 -7502788, untuk pemesanan Jacks Milyarder

atau Hubungi Reza 0856 7368 911

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s